BinkamDaerahEkbis

Babinsa Golong Koramil 1606-08/Naramada dan Mahasiswa UIN Mataram Kunjungi UMKM Tape Singkong

86
×

Babinsa Golong Koramil 1606-08/Naramada dan Mahasiswa UIN Mataram Kunjungi UMKM Tape Singkong

Sebarkan artikel ini

Lombok Barat, NTB – Dalam memperkuat kerjasama antara TNI AD dan dunia pendidikan, Babinsa Golong Komando Rayon Militer (Koramil) 1606-08/Narmada bersama mahasiswa Kuliah Kerja Partisipatif (KKP) Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram mengunjungi salah satu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pembuatan tape singkong di Dusun Golong, Desa Golong, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman lapangan kepada para mahasiswa serta mendukung perkembangan UMKM di wilayah setempat, Kamis (13/7/2023).

Dalam kunjungan ini, Babinsa Golong Koramil 1606-08/Narmada Serka Mulyanto, bersama dengan sekelompok mahasiswa KKP UIN Mataram, diterima oleh Ibu Muaisah, pemilik UMKM Tape Singkong. UMKM ini telah beroperasi selama puluhan tahun dan memiliki reputasi yang baik dalam produksi tape singkong berkualitas baik.

Selama kunjungan, Babinsa dan mahasiswa KKP diajak untuk melihat langsung proses produksi tape singkong yang dilakukan oleh UMKM ini. Mereka diberikan penjelasan mengenai bahan baku, teknik pengolahan, serta proses fermentasi yang diperlukan untuk menghasilkan tape singkong yang enak dan lezat.

Serka Mulyanto menyampaikan, “Kunjungan ini memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk melihat langsung kegiatan di dunia usaha dan memperluas wawasan mereka mengenai proses produksi tape singkong. Selain itu, melalui kerjasama antara TNI AD dan UIN Mataram, kami ingin mendukung UMKM lokal untuk terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah.” Tegasnya.

Ibu Muaisah pemilik UMKM, merasa senang dengan kunjungan ini. Ia mengatakan, “Kami sangat mengapresiasi kehadiran Babinsa Golong Koramil 1606-08/Narmada dan mahasiswa KKP UIN Mataram. Kami berharap kunjungan ini dapat membantu mempromosikan produk kami dan memberikan dorongan bagi UMKM lain di daerah ini.” Harapnya.

Selain melihat proses produksi, para mahasiswa KKP juga berkesempatan untuk bertanya langsung kepada Ibu Muaisah mengenai tantangan dan peluang yang dihadapi oleh UMKM tersebut. Mereka mendapatkan wawasan berharga tentang manajemen usaha, pemasaran, dan strategi pengembangan UMKM.

Kunjungan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara Babinsa Golong Koramil 1606-08/Narmada dan dunia pendidikan, serta memotivasi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan yang relevan dengan dunia usaha. Selain itu, UMKM di wilayah ini diharapkan mendapatkan dorongan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas produk dan akses pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *