Terkini

Labuapi Gelar Rapat Koordinasi Pengamanan Lebaran Topat, 3 Pos Pantau Didirikan

12
×

Labuapi Gelar Rapat Koordinasi Pengamanan Lebaran Topat, 3 Pos Pantau Didirikan

Sebarkan artikel ini
Polsek Labuapi Siap Amankan Tradisi Lebaran Topat di Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Polsek Labuapi, Polres Lombok Barat, Polda NTB, menggelar rapat koordinasi pengamanan tradisi Lebaran Topat di wilayah kecamatan Labuapi pada hari Selasa (16/4/2024) pukul 13.30 WITA. Kapolsek Labuapi, Iptu I Made Dwi Putrayasa S.H., memimpin rapat ini, bersama Camat Labuapi, Lalu Rifhandani, S.IP.

Juga Kepala Desa Kuranji Dalang, Sidik, Kepala Desa Kuranji, H. Firman, Sekcam Labuapi, L. Adi Wijaya, ST. Hadir pula Danposramil Labuapi oleh Pelda I Gede Darma mewakili, Bhabinkamtibmas Desa Kuranji Dalang, Kadus Mapak Barat, Kadus Kuranji Dalang, dan Kadus Karang Bangket.

Dalam sambutannya, Camat Labuapi menyampaikan bahwa rapat tersebut bertujuan untuk membahas pengamanan tradisi ini. Yang rutin pelaksanaannya setiap tahun di wilayah kecamatan Labuapi. Pada tahun ini, pengamanan memfokuskannya di wilayah objek wisata Desa Kuranji Dalang dan Desa Kuranji.

“Pengamanan Lebaran Topat ini penting untuk memastikan kenyamanan dan keamanan para pengunjung. Yang datang ke daerah wisata di kecamatan Labuapi,” ujar Camat Labuapi.

Rapat tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan, antara lain:

  • Pembangunan pos pantau pengamanan di 3 lokasi, yaitu di Pantai Batas Senja, Pantai Kuranji Bangsal, dan Pantai Uringin Dusun Karang Bangket.
  • Pemisahan lokasi parkir kendaraan untuk sepeda motor dan mobil dengan pembuatan plang tanda.
  • Penempatan pedagang kaki lima di satu sisi pantai untuk menghindari kemacetan.
  • Penugasan personel pengamanan dari TNI, Polri, BKD Desa Kuranji dan Desa Kuranji Dalang, serta tim medis dari Puskesmas Perampuan.

Kapolsek Labuapi, Iptu I Made Dwi Putrayasa S.H., menegaskan komitmennya untuk mengamankan tradisi ini dengan maksimal.

“Kami akan mengerahkan personel yang cukup untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama kegiatan berlangsung,” ujar Kapolsek Labuapi.

Tradisi Lebaran Topat merupakan tradisi tahunan masyarakat Sasak di Lombok Barat yang pelaksanaannya sebagai ungkapan syukur atas panen padi yang berlimpah. Tradisi ini biasanya diwarnai dengan berbagai kegiatan, seperti mengunjungi pantai, berenang, dan menyantap makanan khas Lebaran Topat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *