Peristiwa

50 Are Lahan Terbakar di Lombok Barat, Diduga Penyebabnya Puntung Rokok

164
×

50 Are Lahan Terbakar di Lombok Barat, Diduga Penyebabnya Puntung Rokok

Sebarkan artikel ini
Kebakaran Lahan Perbukitan di Kuripan Diduga Akibat Puntung Rokok

Lombok Barat, NTB – Kebakaran lahan perbukitan terjadi di wilayah Dusun Monto, Desa KuripanKecamatan Kuripan, Kabupaten Lombok Barat, Senin (2/10/2023). Kebakaran terjadi sekitar pukul 12.45 Wita dan diduga disebabkan oleh puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Informasi awal diperoleh dari staf Desa Kuripan yang melaporkan adanya kebakaran lahan perbukitan. Kapolsek Kuripan, Ipda Fahrizal Eko Suryanto, bersama anggota kemudian menuju lokasi kebakaran.

Di TKP, petugas menemukan beberapa titik kobaran api yang telah membakar ilalang dan ranting kering. Petugas kemudian melakukan pemadaman secara manual dengan memanfaatkan batang pohon dan dedaunan untuk memisahkan bara api.

Pada pukul 13.10 Wita, truk Damkar Lombok Barat dan 1 truk tangki tiba di lokasi tempat kebakaran untuk memadamkan titik api yang berada di bukit monto. Terdapat 2 titik yang menjadi fokus pemadaman yaitu yang pertama di lereng perbukitan dan puncak perbukitan.

Pemadaman di lereng perbukitan berhasil dilakukan menggunakan air yang berasal dari Damkar Lombok Barat. Sementara untuk pemadaman di puncak perbukitan dilakukan menggunakan alat seadanya dengan memisahkan bara api yang telah terbakar.

Kebakaran berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.00 Wita. Lahan yang terbakar milik pribadi salah satu warga inisial CK, 55 Tahun, Swasta, warga Dusun Monto Desa Kuripan, Kec. Kuripan kab. Lombok Barat. Luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar 50 are.

Kapolsek Kuripan mengatakan, penyebab kebakaran lahan tersebut diduga karena pemilik lahan yang tidak sengaja membuang puntung rokok yang masih menyala pada saat bekerja di seputaran bukit.

“Kami masih melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kebakaran. Namun, dugaan sementara karena puntung rokok yang dibuang sembarangan,” kata Kapolsek Kuripan.

Kapolsek Kuripan mengimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati dalam membuang puntung rokok. Puntung rokok yang dibuang sembarangan dapat menyebabkan kebakaran, terutama di musim kemarau seperti saat ini.

“Mari kita jaga lingkungan kita dengan tidak membuang sampah sembarangan, termasuk puntung rokok,” ujar Kapolsek Kuripan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *