Terkini

Tradisi Nyongkolan di Lombok Barat: Meriah, Aman, dan Lalin Lancar Berkat Pengamanan Polisi

7
×

Tradisi Nyongkolan di Lombok Barat: Meriah, Aman, dan Lalin Lancar Berkat Pengamanan Polisi

Sebarkan artikel ini
Polisi Kawal Tradisi Nyongkolan Meriah di Lombok Barat, Lalu Lintas Lancar

Lombok Barat, NTB – Kapolsek Sekotong, Iptu I Ketut Suriarta, bersama jajarannya sukses mengawal tradisi nyongkolan meriah yang berlangsung di Lombok Barat pada Kamis (23/5/2024). Pengamanan ketat dilakukan untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas dan ketertiban selama acara adat tersebut.

Rombongan nyongkolan yang berasal dari Dusun Granada, Desa Jembatan Kembar, Kecamatan Lembar, menuju Dusun Lendang Re, Desa Sekotong Tengah, Kecamatan Sekotong, dikawal ketat oleh petugas gabungan. Mulai dari Babinkamtibmas, Unit Lantas, Unit Samapta Polsek Sekotong, hingga Babinsa turut serta dalam pengamanan ini.

“Kami berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama acara adat nyongkolan berlangsung. Kehadiran petugas di lapangan bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat dan mencegah terjadinya gangguan kamtibmas,” ujar Iptu Suriarta.

Pengamanan difokuskan di sepanjang Jalan Raya Desa Sekotong Tengah, di mana rombongan nyongkolan yang diiringi musik kecimol melintas. Petugas dengan sigap mengatur arus lalu lintas agar tetap lancar dan tidak mengganggu pengguna jalan lainnya.

Selain itu, petugas juga mengimbau para pemuda yang ikut berjoged dalam rombongan untuk menjaga ketertiban dan keamanan bersama. Kolaborasi antara petugas kepolisian, TNI, dan tokoh masyarakat setempat menjadi kunci suksesnya pengamanan acara ini.

Hasilnya, arus lalu lintas di sepanjang jalan raya desa Sekotong Tengah berjalan lancar dan tertib. Masyarakat pun merasa aman dan nyaman dalam mengikuti tradisi nyongkolan ini.

“Kami sangat mengapresiasi kerja keras petugas kepolisian dan semua pihak yang terlibat dalam pengamanan acara nyongkolan ini. Berkat kerjasama yang baik, acara berjalan lancar dan aman,” ungkap salah seorang warga yang turut menyaksikan acara tersebut.

Suksesnya pengamanan tradisi nyongkolan ini menjadi bukti nyata komitmen Polsek Sekotong dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sekaligus melestarikan budaya lokal yang kaya akan nilai-nilai luhur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *