Terkini

Edukasi dan Keseruan Bersatu: Seapark Kayak Adventure Libatkan Pelajar dan Masyarakat Sekotong

29
×

Edukasi dan Keseruan Bersatu: Seapark Kayak Adventure Libatkan Pelajar dan Masyarakat Sekotong

Sebarkan artikel ini
Seapark Kayak Adventure

Lombok Barat, NTB – Pelabuhan Tawun Desa Sekotong Barat, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat menjadi lokasi kegiatan konservasi laut yang menarik dan edukatif, yaitu Seapark Kayak Adventure.

Hadir dalam kegiatan ini, pejabat dan undangan dari berbagai instansi dilaksanakan Sabtu (2/3/2024).

Kegiatan ini mendapatkan pengamanan dari personil Polsek Sekotong dan personil Lombok Barat yang tersebar di lokasi.

Kapolsek Sekotong Iptu I Ketut Suriarta, S.H, M.I.Kom mengatakan secara umum kegiatan berlangsung denga naman dan lancar.

“Kegiatan Seapark Kayak Adventure berjalan dengan aman dan lancar,” ungkap Kapolsek Sekotong.

Harapannya, kegiatan ini meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kawasan konservasi laut, sekaligus mempromosikan potensi wisata bahari yang ada di Lombok Barat.

Kegiatan ini juga harapannya bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hadir Sejumlah Pejabat dan Undangan dari Berbagai Instansi

Sejumlah pejabat dan undangan dari berbagai instansi hadir dalam Seapark Kayak Adventure ini.

Antara lain Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Nyoman Gede Junaidi, SH., S.I.K. M.A.P, Dandim 1606 Mataram Letkol Arm. Muhammad Saifudin Khoiruzzamani, S.Sos., M.Hanap.

Katim Konservasi Dinas Perikanan Provinsi NTB Hairudi, S.S.I., M.I.L, Asisten 1 Kabupaten Lombok Barat Drs. Agus Gunawan, Camat Sekotong Lalu Paradita, S.E.

Danramil Sekotong Kapten Inf. Muhadi, Kades Sekotong Barat H. Saharudin, Kades Gili Gede Awaludin, dan Kades Pesisir Mas Rusdin.

Perlombaan Siswa-Siswi Sekolah Dasar

Sebelum kegiatan utama, yaitu Seapark Kayak Adventure terlebih dahulu ada beberapa perlombaan yang melibatkan siswa-siswi sekolah dasar yang ada di Desa Sekotong Barat.

Antara lain adalah mewarnai, pembuatan bangku dan kursi dari sampah air mineral, dan pembersihan sampah di areal pelabuhan Tawun.

Selain itu, juga diberikan edukasi bagi siswa-siswi sekolah dasar terkait dengan Conservation Goes to School dan menjaga kelestarian laut.

Tarian-tarian oleh siswi SMPN 1 Sekotong menyambut kedatangan para pejabat dan tamu undangan yang hadir di kegiatan Seapark Kayak Adventure ini. Menampilkan kekayaan budaya dan kesenian daerah Lombok Barat.

Seapark Kayak Adventure, kegiatan konservasi laut yang berkolaborasi dengan olahraga air

Ketua panitia kegiatan Seapark Kayak Adventure, Imam Fauzi, mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk berkolaborasi dengan olahraga air.

“Memperkenalkan wilayah konservasi laut yang ada di Kecamatan Sekotong. Kami berusaha untuk mengembangkan wisata konservasi laut yang ada di wilayah Lombok Barat, khususnya Kecamatan Sekotong,” ungkapnya.

Imam Fauzi juga mengatakan bahwa olahraga air seperti kayak masih minim di sini, dan sehingga untuk kegiatan event kayak ini mendatangkannya dari Jakarta.

“Dengan adanya event kayak ini, harapannya bisa mengexplore wilayah konservasi laut di wilayah Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan adik-adik dari sekolah dasar yang ada di Desa Sekotong Barat,” terangnya.

Dengan tujuan memberikan edukasi tentang aspek-aspek laut, agar bisa memahami betapa pentingnya dampak dari kawasan konservasi laut. Untuk kehidupan dan perkembangan perekonomian.

Kementerian KKP: Kawasan Konservasi Laut Tolong Dijaga

Asisten Khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan, Ade Renaldi Satari, mengatakan bahwa agar kawasan konservasi laut tetap terjaga.

“Karena sumber protein penting bersumber dari laut. Sehingga penggunaan kawasan konservasi laut harus sangat cermat,” pesannya.

Agar bisa meningkatkan perekonomian yang memanfaatkan kawasan konservasi laut.

Pelepasan peserta Seapark Kayak Adventure

Selanjutnya pelepasan peserta Seapark Kayak Adventure oleh Asisten Khusus Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kapolres Lombok Barat, dan Dandim 1606 Mataram. Bertempat di lokasi start dermaga Tawun Desa Sekotong Barat.

Sebanyaj 40 peserta kayak mengikutinya, yang akan mengelilingi kawasan konservasi laut di wilayah Sekotong.

Kegiatan Seapark Kayak Adventure ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kawasan konservasi laut. Sekaligus mempromosikan potensi wisata bahari yang ada di Lombok Barat.

Kegiatan ini juga harapannya bisa memberikan dampak positif bagi perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

Peserta Seapark Kayak Adventure tiba di garis finish dan mendapatkan piagam

Setelah mengarungi kawasan konservasi laut di wilayah Sekotong dengan menggunakan kayak, para peserta Seapark Kayak Adventure akhirnya tiba di garis finish. Bertempat di Hotel Thamarind Desa Gili Gede Indah. D

Di sana, mereka mendapatkan pengalungan piagam sebagai tanda penghargaan atas partisipasi mereka dalam kegiatan ini.

Adapun peserta yang berhasil mencapai garis finish dengan waktu tempuh tercepat antara lain adalah:

Usia 17-50 tahun

Muhadazawawi Yahya dengan waktu 1.48.09 detik, Priyo Utomo Laksono dengan waktu 2.07.05 detik, dan Dody Alfajr dengan waktu 2.32.25 detik.

Usia 50 keatas

Ahmad Shalat dengan waktu 1.50.20 detik, Rizuan Ismail dengan waktu 1.52.50 detik, dan Bachti Alisjahbana dengan waktu 2.07.42 detik.

K2 (double)

Andre Momot dengan waktu 2.06.16 detik, Mohamad Zulkifli dengan waktu 2.30.22 detik, dan Jessica Yudhistira dengan waktu 2.31.16 detik.

Women open

Roslina Binti Muhammad dengan waktu 2.40.57 detik, Fabriana Natasha dengan waktu 2.41.51 detik, dan Putih Romanen Anna Rotty dengan waktu 2.53.38 detik.

Pemberian hadiah bagi juara Seapark Kayak Adventure

Kegiatan pemberian hadiah bagi peserta yang mendapatkan juara 1 sampai 3 setelah mengkalkulasikan waktu tempuh. Kalkulasi di Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Lombok Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *