Tujuh Rumah Warga di Inhil Riau Terkena Tanah Longsor

Inhil, Riau Sebanyak tujuh unit rumah warga di Jalan H Arif RT 02 RW 03 Kampung Baru, Kelurahan Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil, Riau terkena bencana tanah longsor.

Peristiwa ini yang terjadi pada Rabu (2/3) sekitar pukul 21.15 Wib lalu, menimpa pemilik rumah (korban) yang terkena longsor tersebut antara lain Ridwan (60), Burhanuddin (55), Hj Muslihati (65) dan Tappa (55) mengalami rusak berat, sedangkan Kaharuddin Bakri (43) Isnaini (39) dan Sahabuddin (41) mengalami rusak ringan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Inhil, Yuspik menuturkan peristiwa longsor itu bermula ketika salah seorang korban sedang berada di dalam rumah dan mendengar suara bunyi papan gemeretak.

“Ia langsung keluar dan memanggil tetangganya untuk segera keluar rumah. Disaat itulah rumah mereka bergerak pelan-pelan ke arah sungai,” tuturnya saat dikonfirmasi, Kamis (3/3/2022).

Dalam kejadian musibah tanah longsor itu tidak terdapat korban jiwa, kerugian sampai saat ini belum dapat ditaksir.

Dugaan awal terjadinya musibah tanah longsor disebabkan oleh abrasi air sungai.

Hal ini dikarenakan pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor berada disepanjang pinggir sungai.

“Namun pada saat terjadinya musibah tanah longsor air dalam keadaan surut kering,” katanya.

Hingga saat ini tim dari BPBD Inhil, pemerintah Kecamatan Tanah Merah dan Polsek Tanah Merah serta masyarakat setempat sedang melakukan pendataan terhadap identitas korban.

Selanjutnya membantu mengevakuasi barang-barang korban yang masih bisa diselamatkan.

“Sementara warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor ditempatkan dirumah kerabat dan dirumah masyarakat disekitar TKP tanah longsor,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.