Lakukan Pendekatan Humanis, Petugas Gabungan Bubarkan Kerumunan Saat Tahun Baru 2022 di Bandung

Bandung, Jabar Kapolda Jabar, Gubernur Dan Pangdam III Siliwangi Bubarkan Kerumunan Saat Tahun Baru 2022 Dengan Pendekatan Humanis,Jumat (31/12) malam.

Kapolda Jabar Irjen Suntana dan Pangdam III Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto meninjau sejumlah lokasi di Kota Bandung.

Diantaranya, tempat yang didatangi biasanya ramai dikunjungi masyarakat, seperti kawasan Jalan Asia-Afrika hingga Jalan Ir H Djuanda atau Dago.

Suntana dan Agus mendatangi langsung masyarakat yang berkumpul dan mengingatkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Kerumunan dibubarkan dengan pendekatan humanis. Sebagian warga yang belum mendapat suntikan vaksin dibawa ke lokasi vaksinasi Covid-19 yang disediakan.

“Kita harus tetap waspada karena pandemi belum selesai. Pakai masker,” Irjen Pol Suntana saat berbincang dengan warga.

Seusai peninjauan, Suntana mengatakan, berdasarkan laporan jajarannya, pengawasan kerumunan sudah dimulai sejak siang hari. Rekayasa lalu lintas pun dilakukan di beberapa titik.

“Tadi sore saya mendapatkan laporan dari Polres Bogor, Alhamdulillah pengumpulan masyarakat di wilayah puncak tidak terlalu banyak seperti tahun lalu,” kata dia.

“Polres Bogor melakukan alternatif alih arus, apabila terjadi kepadatan ke arah puncak, wilayah Pangandaran kemudian Pelabuhan Ratu dan tempat wisata, Alhamdulillah tidak terjadi penumpukan yang sangat besar, beberapa pelaku wisata juga disiplin sesuai dengan prokes levelnya masing-masing,” lanjutnya.

Ia mengimbau masyarakat agar mematuhi aturan dan menghabiskan malam tahun baru di rumah masing-masing. “Kami minta mohon kepada masyarakat, khususnya yang ada di wilayah Kota Bandung, agar bisa segera kembali ke kediaman masing-masing. Petugas Pemda dibantu TNI dan Polri akan keliling mengimbau masyarakat kembali ke rumah supaya bisa bubar dari kerumunan yang sekarang euforianya ingin berkumpul,” Imbuh Suntana.

Sementara itu, Pangdam III Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto menyatakan, ada pengumpulan massa di beberapa titik. “Memang ada beberapa yang pengumpulan massa, nanti kita akan segera bubarkan karena kita tidak ingin setelah tahun baru ini ada timbul penambahan Covid-19,” tegas dia.

“Tadi kan kita tutup di Asia Afrika, Pak Kapolda sudah menyampaikan bahwa nanti kendaraan akan masuk, supaya masyarakat yang ada di situ berkumpul bisa membubarkan diri, nanti juga akan diimbau oleh kapolsek dan danramil yang ada di wilayah situ supaya masyarakat yang berkumpul membubarkan diri,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.